Kamar Nyi Roro Kidul di Pantai Karangbolong

Selain Pantai karangbolong yang terletak sekitar 50 km dari Kota Serang atau tepatnya berada di sisi kanan Jalan Raya Anyer dengan jalur menuju Pantai Carita dari Jakarta.

Ada juga yang bernamakan Pantai Karangbolong di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini dibatasi oleh perbukitan batuan sedimen klastik yang berasal dari gunung api. Di pantai juga terdapat banyak sarang burung wallet yang dikelola pemerintah setempat sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dan yang menjadi daya tarik tersendiri adalah di Pantai ini terdapat Pesanggrahan atau Kamar Nyi Roro Kidul yang sering digunakan oleh beberapa orang untuk tujuan tertentu.

Legenda Nyi Roro Kidul memang tidak bisa dipisahkan dengan keindahan Pantai selatan Pulau Jawa, banyak versi tentang asal-usul Nyi Roro Kidul salah satunya Nyi Roro Kidul adalah Dewi Nawang Wulan. Dewi yang merupakan istri dari Jaka Tarub. Jika Anda pernah mendengar kisah Jaka Tarub, tentu Anda sudah sedikit banyak tahu tentang nama Dewi Nawang Wulan. Ya, Dewi yang selendangnya dicuri dan tak bisa kembali ke kerajaan langit. Ia dikutuk oleh kerajaan langit karena sudah berani-beraninya menikah dengan manusia (Jaka Tarub) dimana hal ini sangat haram hukumnya. Ia dikutuk menjadi sebangsa jin dan diperintahkan untuk menjaga pulau jawa agar tidak tenggelam karena keganasan Samudera Hindia.
(Manunggaling)

  • 04 December 2016 | 23 : 46 : 47
    :

  • 02 January 2017 | 22 : 24 : 07
    :

  • 28 October 2017 | 20 : 24 : 16
    :

Tingglkan Komentar disini